Be brave

10817958_876690212381592_453185041_n

Satu kata yang sedang aku usahakan saat ini, BERANI. Kuakui aku bukanlah seorang pemberani. Aku tidak berani mengambil resiko sekecil apapun itu.Aku selalu takut dalam melangkah apalagi jika langkah itu terkesan ekstrim walau hanya sedikit ekstrim.Aku takut gagal, mungkin lebih tepatnya tidak siap jika harus gagal nantinya.

Tapi aku meyakini satu hal

Perubahan tidak akan pernah ada, jika tidak ada yang berubah.

Kalimat itu seperti mantra, membuatku menjadi sedikit lebih berani.Aku berusaha tidak memperdulikan perubahan apa yang terjadi entah itu buruk atau baik,aku tidak mau memikirkannya untuk meminimalisir rasa takut gagalku.

Aku tidak benci pada kegagalan, dan tidak bermaksud untuk menghindarinya.Sejujurnya aku mensyukuri kegagalan yang pernah aku alami,karena kegagalan itulah yang membuatku menjadi lebih baik dari sebelumnya.Hanya saja aku selalu merasa tidak siap untuk menghadapi kegagalan, hal itulah yang membuatku selalu overthinking dan mengkhawatirkan akan adanya kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Overthinking dan rasa takut gagal terkadang mengikis keberanianku secara perlahan.Saat aku berada dalam kondisi krisis keberanian yang akut, ingin rasanya berhenti berjuang dan menjalani hidup apa adanya seperti air mengalir tanpa ada perubahan yang signifikan atau perkembangan yang berarti.But that is really not me, I am not the kind of person who gives up just like that.

MAN JADDA WA JADDA

Kalimat itu selalu menjadi doa dan mantra ter-ampuh untuk bangkit lagi. I just need to do the best and Let Allah SWT do the rest. 

10860055_580357105442132_1082237477_n

Leave a Reply

