#menemukanindonesia

Kita sering disuapi jargon Bhineka Tunggal Ika, tapi pada kenyataannya kita belum benar-benar bisa bekerja sama dalam perbedaan. Bahkan, belum bisa menghargai perbedaan, apalagi perbedaan pendapat. 

🌼

Coba buat eksperimen sosial untuk anda sendiri. Coba cari akun yg opininya sering berseberangan dengan anda, kalau bisa cari yang bahkan anda benci. Coba follow akun tsb & lihat berapa lama anda betah bertahan. Kalau anda kemudian dalam jangka waktu tertentu memutuskan untuk unfollow, bisa disimpulkan bahwa anda tidak betah dengan orang tsb, baik secara pribadi maupun opini. Bukan berarti anda benci, lebih tepatnya tidak sejalan.

🌸

Kalau anda bertahan lama, bisa jadi kemudian anda memahami maksud dibalik ucapan & tindakan dia. Tapi ya namanya eksperimen, bisa juga sebaliknya yang terjadi. 

🍀

Yang pasti, Indonesia harus menemukan cara untuk bersatu. Bukan menjadi satu. Bersatu artinya kita sama-sama sadar & merangkul perbedaan, serta mencoba bersatu. Bukan menjadi satu dan menghilangkan keragaman yang lain di Indonesia. 😊

Dikutip dari: buku menemukan Indonesia, Pandji pragiwaksono. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s