aku harus bagaimana??

kali ini aku akan bercerita tentang kebingunganku dalam menyikapi sikap mereka… yang juga menjadi kegelisahanku yang sangat minim ilmu ini…

Sejakku memasuki dunia dakwah kampus, mengikuti tarbiyah, dan dunia pergerakan mahasiswa… ku telah menyadari bahwa akan ada hal-hal yang tidak sepandangan (pengecualian jika ku tergabung di KMNU/PMII)… tapi tak apa, selama itu tidak menganggu ketentraman jiwa.. lanjutkan saja…

Dan ku meluruskan niatku, terjun ke dunia tsb guna memperbaiki syariatku dimana amalan yaumiyahku sangat kacau sekali dimasa itu… membuatku takut jika aku menjadi seseorang yang fasik.

Tahun pertama, Tahun kedua ku lalui tanpa perselisihan… dan aku menikmati proses perubahanku secara syariat… dan membuatku sangat nyaman dengan diriku saat ini.

Perubahan-perubahan tsb membuatku lebih terjaga dan terhindari dari berbagai hal buruk khususnya pelecehan seksual…

Mulanya ku merasakan perbedaan-perbedaan kecil yang tak terlalu berarti… karena tidak membahayakan dan menular, yaa tak apa… Tidak pernah ku suara kan pandanganku di depan mereka….

Tapi kini, situasi telah berbeda… Sejak adanya kasus penistaan agama (begitu mereka menyebutnya) ku tak bisa diam mengabaikan pemberitaan yang beredar… hoax-hoax bermuncullan, postingan-postingan saling menjatuhkan, pencemaran nama baik yang begitu marak, dan penggiringan opini yang benar-benar membutakan pikiran serta mata hati.. Sungguh membuatku khawatir tak terkira… orang-orang yang ku kenal bahkan orang yang sempat kukira jodohku pun telah menjadi sangat ke kanan…

Di era digital ini, mudah sekali oknum-oknum garis kanan mempengaruhi orang-orang awam dan menjadikan orang kanan menjadi sangat kanan….

Dulu aku bisa mengerti dan memaklumi jika para kader k**** mengatakan abah Quraish adalah seorang syiah, karena mereka memang tidak mengerti… sehingga wajar jika mereka mempermasalahkan perkataan abah Quraish dan menganggap hal tsb sebagai sesuatu yang melenceng…

tapi kini, membuatku sangat sangat terganggu dengan berbagai opini buruk yang ditujukan ke beliau…

 

 

Aku tak ingin diam dan tak bisa diam… tapi apa daya… aku juga tidak memiliki kemampuan untuk memahamkan apa yang disalahpahami…

jika perkataan sekelas abah yang sudah sangat mudah dimengerti saja mereka tak bisa mengerti, apalagi aku yang bukan lulusan pesantren.., yang cuma modal nyelam…

lalu apa yang harus ku lakukan?ย ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”

 

Ku ceritakan hal ini pada mama…

mama: “Wajar orang kayak gitu mengatakan demikian.”

mama: “Pak Quraish kan pernah menanggapi fitnah syiah tentang dirinya dan dijelaskan dengan sangat jelas.., suruh dia nonton tafsir al misbah.”

aku: “Dia dan mereka mana mau nonton.., sudah melabeli begitu pasti tidak mau, takut terpengaruhi mungkin itu yang ada dalam pikiran mereka… ”

hening…..

setidaknya gelisahku atas hal ini terlepas ke udara…

24 thoughts on “aku harus bagaimana??

  1. Oktin Nur Hidayah says:

    Benar sekali..memang ironi melihat seorang ahli agama diperlukan seperti penjahat. Contohnya saja hari ini beliau menjadi khotib sholat idul fitri di masjid istiqlal, kmarin beredar postingan “Lupakan Istiqlal, Masih banyak masjid yang Lain”.
    Mirisss sekali melihatnya…seburuk itukah beliau..๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    • Quraeni says:

      Iyaaa mbaak aku juga sedih ngebacanyaa ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข
      Klo ummat sdh tdk percaya kpd ulama.. Bagaimana caranya agar trhubung ke alquran dn sunnah?
      Masa nafsirin sndri bermodalkan ilmu dri sd, smp, sma yg tak seberapa ini? ๐Ÿ˜ข

  2. febridwicahya says:

    Mmmm… bicara masalah paham agama gitu-gitu kok sekarang membuatku agak gimana gitu ya. Aku cenderung lebih menghindar sih kalau emang udah ada yang menebar hoax atau menebar pandangan jahat ke orang atau ulama.

    Entahlah. Aku juga ga tau harus gimana -_-

    Aku baru mampir sini, jadi… salam kenal yuhuuuy ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

